Kamis, 23 Juni 2011

Pendakian Gunung Ciremai


Hi semua. Bulan kemaren gw berhasil melaksanakan ekspedisi gunung hutan di gunung Ciremai (3078mdpl) Jawa barat bersama 3 orang teman gw. Mereka adalah Angga, Tulus dan Ilham. Kami melakukan pendakian disini selama 4 hari 3 malam. Awalnya sih gw ragu, apa gw bisa ya bertahan selama pendakian itu, secara gw cewek satu-satunya, menn!!! Tapi ya udahlah, gw tetep maju, ngapain takut cuma karena cewek sendiri?? anak alam gak ada yang namanya perbedaan gender ihh.
(baca dari kiri: Angga, Tulus, Ilham, gw.)
Gunung Ciremai adalah gunung api yang masih aktif dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini terletak dekat dengan Laut Jawa. Ada beberapa jalur pendakian gunung Ciremai, yaitu jalur Linggarjati, Palutungan dan Apuy. 
Kami melakukan pendakian dari jalur Linggarjati yang jalurnya paling ngetrek dan menantang. Jalur ini terdiri dari beberapa pos sebagai berikut:
- Pos 1 Linggasana (690mdpl)
- Si Genteng (700mdpl)
- Buper Jawangsa (800mdpl)
- Kramat Ki Kuwu (900mdpl) 
- Pangbadakan (1000mdpl)
- Mata Air (1300mdpl) (diatas ini tidak ada mata air lagi)
- Kondang Amis (1350mdpl)
- Kuburan Kuda (1600mdpl)
- Pangalap (1800mdpl)
- Tanjakan Binbin (1900mdpl)
- Tanjakan Saruni (2000mdpl)
- Tanjakan Bapa Tere (2200mdpl)
- Batu Lingga (2400mdpl)
- Sanggabuana 1 (2550mdpl)
- Sanggabuana 2 (2670mdpl)
- Pangasinan (2860mdpl)
- Puncak (3078mdpl) 
Setelah sampai puncak, kami turun melewati jalur Palutungan yang lebih landai, dengan rute sebagai berikut:
Puncak - Goa Walet - Pasanggrahan - Tanjakan Assoy - Arban - Pangguyan Badak - Kuta - Cigowong

 Di pos Kondang Amis. 
Itu gw lagi masak sarapan. Gw inget pas tengah malem disini gw ma Tulus sibuk gantian boker, dan parahnya lagi si Tulus sampe mau nelpon pak Dadang di pos 1 buat nanya disini boleh boker kagak. haahhaha.. cacat... cacat...!!! 
Angga lagi ormed, Tulus lagi berpose aneh, dan gw lagi ngeliatin si Tulus.
Gw, Ilham, Tulus lagi stretching untuk melanjutkan pendakian di pagi hari.
 Puncak Ciremai. Ditengahnya ada kawah yang berisi belerang.
Pose gw di puncak, membawa bendera WAPEALA UNDIP.

 Goa Walet, disini terdapat sumber air yang melimpah di musim hujan dan kering di musim kemarau.
Gw ada konflik ma Angga disini. Hahaha. 
 Pulangnya mampir di Kota Kuningan.
Sempat istirahat di basecamp AKAR (Aktivitas Anak Rimba)
Yaitu kelompok pecinta alam, olahraga dan seni di Kota Kuningan. 


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

3 komentar:

chaironi mengatakan...

pertamax...............

Jajang mengatakan...

Sya ucpkan Selamat.
Wah salut jga lwat jalur lnggrjati.aku sih lum prnah lwt jalur itu.
Klo Aku lwat sadarehe,rajagaluh-majalengka,spi jalurnya,tpi lmyan landai n dkt jlan bwt trun ke kawah.

Buset Gan mengatakan...

Selamat yah :)
Jadi pengen kesana juga hehe

Posting Komentar